BEKAM BUKAN PENGOBATAN ALTERNATIF ATAU KLENIK

Gambar

 

Sebagian orang yang belum memahami patofisiologi dan cara kerja bekam berpendapat bahwa bekam merupakan pengobatan mengada-ada, paranormal, klenik atau bahkan memakai jin. Sebenarnya, bekam merupakan pengobatan yang ilmiah. Tetapi berhubung penelitian-penelitian bekam dengan metode ilmiah medis modern belum banyak dilakukan, maka belum banyak hasil yang menjelaskan cara kerja dan patofisiologi bekam secara medis. Namun, dengan memakai patofisiologi ilmu traditional medicine, sebenarnya bekam bisa dijelaskan, sehingga lebih mudah dipahami.

Untuk mengetahui bahwa bekam bukan merupakan ilmu klenik, paranormal, atau memakai jin, maka bekam mempunyai ciri-ciri :

1. Bekam tidak bisa diperoleh secara instan

Bekam tidak bisa didapatkan secara instan, tetapi harus dipelajari terlebih dahulu. Sedangkan ilmu perdukunan didapatkan secara instan dan mendadak. Begitu seseorang di attunenent atau diselaraskan energinya, atau diisi ilmunya, maka seketika itu juga ia mempunyai ilmu pengobatan dan bisa langsung mengobati penyakit. Dia tidak perlu membuka buku, belajar atau berlatih. Sedangkan ilmu bekam tidak dapat dipindahkan ke orang lain melalui pengisian (attunenent). Dia harus dipelajari dan dilakukan sendiri oleh orang yang bersangkutan.

2. Bekam bisa dipelajari tanpa guru

Setiap orang bisa melakukan bekam. Tidak perlu guru khusus. Bahkan anak kecil yang beru melihat satu kali saja, ia langsung bisa membekam. Sedangkan bila disebabkan karena jin, maka harus ada guru yang memasukkan ilmu itu (biasanya sang guru menyebut dengan menyelaraskan energi, membuka simpul-simpul) agar ia bisa mengobati. Jadi, bila tidak dibuka simpulnya oleh guru, maka ia tidak akan bisa mengobati.

3. Siapa saja yang membaca buku bekam, pasti bisa melakukan bekam

Bekam bisa dipelajari dengan melihat atau meniru orang lain yang melakukan bekam. Bisa juga dengan membaca buku. Siapa yang membaca buku bekam, dia pasti bisa mempraktikkan. Tentu saja, kesembuhannya tergantung  berapa banyak ia membaca, dan berapa sering ia berlatih. Sedangkan paranormal tidak bisa didapat hanya dengan melihat atau membaca buku saja.

4. Tidak bisa melakukan pengobatan jarak jauh dengan bekam

Banyak ilmu klenik yang bisa mengobati pasien dari jarak jauh. Dia tidak perlu berhadapan langsung dengan pengobat. Cukup berada di tempatnya, maka sang ahli klenik akan mengirimkan obatnya dari jauh. Sedangkan bekam tidak bisa. Pasien yang ingin sembuh dengan bekam harus bertemu langsung dengan orang yang membekam. Idak bisa seseorang membekam orang lain dari jarak jauh.

5. Kesembuhan diperoleh dari proses bekamnya, bukan dari orang yang membekam

Ciri ilmu pengobatan non ilmiah adalah ia sembuh karena orang yang membekam. Walaupun alat yang dipakai mengobati sama, namun bila orang yang mengobati berbeda, menimbulkan efek yang tidak sama. Sedangkan bekam sembuh karena proses bekamnya. Siapapun yang melakukan bekam, pasti akan menimbulkan efek yang sama.

Bekam diibaratkan orang yang minum obat. Siapapun yang minum obat, ia pasti memperoleh efek sama. Tidak peduli siapa yang memberikan obat. Jadi, ia sembuh buka karena orang yang memberikan obat, tetapi karena obat yang diminum.

6. Bekam tetap menimbulkan efek, walaupun yang dibekam tidak percaya dengan bekam

Banyak ilmu-ilmu ghaib yang mengandalkan kepercayaan. Yakni orang yang ingin sembuh dari suatu penyakit tertentu harus percaya dengan metode pengobatan tersebut. Kalau ia tidak percaya, maka ia tidak akan sembuh. Bekam tidak demikian, siapapun yang  yang dibekam, walaupun ia tidak percaya dengan bekam, pasti ia akan merasakan manfaat dan efek dari bekam. Seperti halnya orang diare yang minum obat anti diare. Walaupun ia tidak percaya dengan obat anti diare tersebut, asalkan ia meminumnya, insyaAllah akan berhenti diarenya.

Dari beberap ciri diatas, jelas bahwa bekam bukan merupakan pengobatan klenik atau magic. Tetapi ilmiah dan alamiah. Bisa dipelajari semua orang, dan bisa dikerjakan semua orang. Oleh karena itu, orang yang ingin membekam, sebaiknya terlebih dahulu mempelajari patofisiologi dan cara kerja bekam.

Sumber : Sembuh dengan satu titk dr. wadda’ umar.

 

Pos ini dipublikasikan di KESEHATAN dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s